SeniBudaya SeniBudaya SeniBudaya :)

Jumat, 09 November 2012

Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

 


    Karya seni terapan nusantara mulai diciptakan zaman prasejarah untuk berbagai tujuan, diantaranya sebagai alat pemujaan bagi roh nenek moyangnya, permohonan akan sesuatu dan lain-lain. Oleh karena itu karya seni tersebut penuh dengan symbol-simbol yang mengandung makna tertentu yang berkaitan dengan kepercayaan mereka. Pada zaman sebelum agama-agama masuk ke Indonesia paling tidak dianggap sebagai karya seni terapan yang digunakan sebagai alat pemuja terutama bagi mereka yang menganut paham animisme dan dinamisme.
  Seni Terapan Nusantara merupakan ragam seni rupa yang berkembang di setiap daerah yang tersebar di seluruh nusantara. Ragam seni rupa tersebut lahir dari ekspresi gagasan atau perasaan kreatifitas manusia Indonesia yang mempunyai nilai-nilai budaya nusantara. Nilai-nilai budaya tersebut terekspresi melalui pola kelakuan yang menghasilkan karya seni yang dapat digunakan bagi kehidupan manusia dan bersifat estetis.
       Adapun karya seni terapan nusantara sesuai dengan objek seni terapan daerah setempat, yaitu berupa bentuk manusia, binatang, tumbuhan, geometris, alam benda dan lain-lain. Baik berwujud 2 dimensi (dwi matra) maupun 3 dimensi (tri matra), hal yang membedakan bentuk karya seni terapan itu adalah corak perwujudan fisiknya dapat naturalism  maupun abstrak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar